Chocolate (~^o^)~

Cokelat.. siapa yang tidak suka cokelat? Hampir seluruh orang menyukainya. Saking banyak yang suka cokelat sudah bertranformasi menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Di zaman sekarang ini jika kita ingin menikmati cokelat tidak hanya dapat dinikmati dengan memakan cokelat batangan tapi kita juga bisa menikmati cokelat dalam berbagai olahan, seperti cake, biskuit, roti, selai, susu, eskrim, dan sebagainya. Untuk para penggila cokelat tahu dong gimana sejarahnya cokelat? Bagi yang belum tahu aku akan membahasnya sedikit. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman. Cokelat sendiri adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Selain sebagai cokelat batangan yang paling umum dikonsumsi, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin. Cokelat dihasilkan dari kakao (theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah.

Selain rasanya yang manis cokelat disukai banyak orang karena cokelat mempunyai berbagai kandungan yang bagus untuk tubuh. Menurut para ahli cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Banyak juga orang yang percaya kalau kita sering makan cokelat akan dapat mengurangi stress dan akan awet muda. Tapi sebaik-baiknya makanan untuk tubuh tetap akan tidak baik kalau dikonsumsi secara berlebihan :)

Itulah sedikit pengetahuan tentang cokelat sekarang aku mau bahas tentang olahan cokelat. Cokelat itu enak kalau diolah menjadi apa sih? Menurutku semua olahan dari cokelat itu enaakk banget.. tapi diantara begitu banyak olahan cokelat aku akan merangkum beberapa olahan cokelat terbaik menurut aku :D

1. Dibuat menjadi cake atau kue
Apapun cake nya kalau dominannya cokelat aku pasti suka.. contohnya kayak brownies, blackforest, opera cake, cupcake, dan diantara itu semua yang paling aku suka adalah triple chocolate cake :9 Ini adalah cake yang terdiri dari 3 layer cake dan disetiap layernya dikasih mousse coklat dan diatasnya diselimuti lagi dengan ganache lalu dihias lagi dengan cokelat. OHMY!! Ini nih wujud dari triple chocolate  cake..


2. Dibuat minuman (hot or cold)
Dulu memang awalnya cokelat dinikmati dengan cara diminum dan sampai sekarang pun cokelat sangat cocok untuk dijadikan minuman. Bisa jadi susu, milkshake, hot chocolate, chocolate blend, smoothiest cokelat, dan lain-lain. Biasanya kalau mau membuat minuman dari cokelat kombinasikan dengan kopi tapi jangan terlalu banyak akan rasa cokelatnya tetap terasa.




3. Dikombinasikan dengan buah
Pernah dengar mesin cokelat fountain? Ini suka ada diacara-acara pernikahan atau pesta. Jadi ini kayak mesin air terjun mini tapi ini diisi dengan cokelat. Emm aku kasih gambarnya aja deh..


Biasanya disekitar mesin cokelat fountain ini letakkan juga beberapa buah ataupun marshmallow. Yang paling jadi favorit untuk disandingkan dengan cokelat adalah buah strawberry. Ituu enakk bangett.. Ini nih jadinya kalau cokelat ketemu strawberry..



Itulah 3 teratas olahan cokelat yang terbaik menurut aku. Sebenernya masih banyak olahan cokelat yang enak banget kayak eskrim, selai, permen, biskuit, dijadiin topping untuk keripik, dan lain-lain..

--oo0oo--

Sumber sejarah dan kandungan cokelat : Wikipedia (Cokelat)
Sumber foto : Google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya