RANGKA MANUSIA BERDASARKAN LETAK

Rangka tubuh manusia terdiri atas tulang-tulang yang saling berhubungan. Berdasarkan letaknya, tulang penyusun kerangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi tulang tengkorak, tulang badan dan tulang gerak.





a. Tulang Tengkorak
Tulang penyusun tengkorak terdiri atas tulang pipih yang saling berhubungan. Pada tengkorak bayi yang baru lahir terdapat celah lebar diantara sambungan antar tulang yang disebut fontanela. Tulang tengkorak berfungsi sebagai pelindung organ tubuh yang lunak dan penting, misalnya untuk melindungi mata dan otak. Selain itu, tulang tengkorak juga menentukan bentuk wajah.


b. Tulang Badan
Tulang-tulang penyusun rangka badan menentukan bentuk badan dan berfungsi melindungi alat-alat tubuh yang penting, misalnya jantung dan paru-paru. Rangka badan terdiri dari tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, gelang bahu dan gelang panggul.
  1. Tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang berukuran pendek yang  berhubungan dengan tulang leher sampai tulang ekor. 
  2. Tulang rusuk terdiri dari atas 12 pasang tulang. Tulang rusuk dibedakan menjadi rusuk sejati yang berjumlah 7 pasang, rusuk palsu yang berjumlah 3 pasang dan rusuk melayang yang berjumlah 2 pasang.
  3. Gelang bahu terdiri atas 2 buah tulang yaitu tulang belikat dengan paruh gagak dan tulang selangka yang menghubungkan gelang bahu dengan tulang dada.
  4. Gelang panggul terdiri atas 3 macam tulang yang bergabung menjadi satu yaitu sepasang tulang duduk, sepasang tulang usus dan sepasang tulang kemaluan. 


c. Tulang Gerak
Anggota gerak kita terdiri atas 2 lengan dan 2 tungkai. Lengan disebut anggota gerak atas dan tungkai (kaki) disebut anggota gerak bawah. Tulang lengan atas atau humerus berhubungan dengan gelang bahu pada ujung atasnya dan berhubungan dengan lengan bawah ujung lainnya. Tulang lengan bawah terdiri dari tulang pengumpil atau radius dan tulang hasta atau ulna. Kedua macam tulang tersebut (radius dan ulna) berhubungan dengan tulang-tulang pergelangan tangan.

Tungkai (kaki) bagian atas berupa tulang paha atau femur yang berhubungan dengan gelang panggul. Ujung bawah tulang paha berhubungan dengan tungkai bawah yang tersusun atas tulang kering atau tibia dan tulang betis atau fibula. Diantara kedua tulang tersebut dan tulang paha terdapat tulang tempurung lutut atau patela. 



DAFTAR PUSTAKA : Haryati & Daroji. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk Kelas VII SMP dan Mts. Jakarta: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya