Kenapa Setelah Gempa Terjadi Kita Merasakan Pusing ?

Biasanya setelah gempa bumi terjadi banyak orang yang merasakan pusing. Hampir setiap orang yang merasakan gempa akan pusing setelahnya. Ini disebabkan karena masalah kejiwaan yang bisa langsung bepengaruh kepada keadaan fisik. Sebab gempa selalu datang secara mendadak. Hal itu menimbulkan satu kondisi diluar kontrol. Dalam kondisi panik maka adrenalin dalam tubuh lebih cepat. Kalau sampai berlebihan masalahnya adalah krisis. Kalau sudah seperti itu pengaruh yang ditimbulkan akibar gempa adalah pusing, keringat dingin, mua, dan sebagainya.
Faktor lain yang menyebabkan pusing adalah orang tersebut memang memiliki gangguan di kepala misalnya seperti vertigo. Kalau dalam kondidi seperti ini gampang sekali orang itu pusing saat guncangan gempa terjadi. Vertigo malah akan lebih riskan karena posisi kepalanya dapat "berubah", pusingnya akan lebih terasa. Dan itu adalah pusing yang benar-benar pusing, sampai tujuh keliling!
Sebenarnya pusing akibat gempa tidak berlangsung lama, setelah beberapa saat pusing tersebut akan hilang dengan sendirinya. Dan kita dapat mengajak ngobrol dan menemani orang itu untuk menormalkan kembali kondisi badan juga kepalanya. Tapi untuk yang mempunyai penyakit vertigo paling ampuh adalah meminum obat penenang khusus untuk penyakit tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya