Awan

Yang disebut awan adalah titik-titik air yang ada di dalam udara. Proses terbentuknya adalah udara yang naik ke angkasa akan menjadi dingin dan menyebabkan kelembapan relatif udara bertambah. Keadaan dingin menyebabkan udara tidak mampu menahan air. Pada ketinggian tertentu udara akan menjadi jenuh sehingga terjadi proses pengembunan dimana uap air yang dikandung oleh udara tersebut menjadi titik-titik air.
Awan dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :
1. Awan sirrus, terbentuk seperti bulu atau serat. Awan ini dapat dilihat pada saat cuaca sedang baik tetapi seringkali awan ini juga menandakan akan adanya hujan yang akan turun.
2. Awan kumulus, seperti tumpukan bola-bola kapas. Awan ini memedakan cuaca yang cerah. Namun awan kumulus yang luas dan bagian dasarnya lebih hitam dapat meramalkan akan adanya hujan yang lebat disertai guruh dan angin ribut.
3. Awan stratus, memiliki ciri-ciri halus, berlapis-lapis, berwarna kelabu yang menutup seluruh langit dan mengahalangu matahari. Halilintar dan hujan gerimis biasanya berkaitan dengan awan ini
Kabut adalah awan rendah yang terdapat pada permukaan bumi.


Sumber : Fakta dan Konsep Geografi Untuk SMA/Ma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya