Enda UNGU

Tahun 2012 ini UNGU baru saja ngeluarin album terbaru mereka yaitu 'Timeless'. Ini adalah album mereka yang ke-7 tapi sayangnya mereka jarang muncul di TV. Kangen beneran sama UNGU. Gue ngefans sama UNGU, terutama sama Enda, sejak tahun 2006 dan sampai sekarang masih cinta mati sama UNGU apalagi Enda. Jadi buat mengobati sedikit rasa kangen iseng-iseng buat tulisan ini. Sumbernya saya ambil dari berbagai sumber (majalah, wawancara UNGU, dll). Enjoyed..




Profil..
Nama lengkap : Franco Wellyjat Medjaya Kusumah
Nama panggilan : Enda
Tempat lahir : Kudus
Tanggal lahir : 4 Maret 1976
Zodiak  : Pisces
Posisi : Gitar
Istri  : Eka Wilestari
Anak : Azzahra Leola Wicuda dan Azahbel Lyrna Winola
Tahun bergabung : 2000


Gitaris band UNGU satu ini punya panggilan Abang dari fansnya. Selain CLIQUERS, sebutan untuk fans UNGU, Enda juga punya penggemar tersendiri dan mereka sering dipanggil ENDALOVERS. Sisi menarik dari Enda adalah sikap coolnya. Enda termasuk orang yang jarang tersenyum (gue jarang ngeliatnya senyum kalau di TV atau di foto), dia selalu bersikap cool jadi kesannya jutek dan galak. Gue juga suka banget kalau dia udah dipanggung dan main gitar. Dia enjoy banget kayaknya dunia sekitar menghilang entah kenapa. Enda sangat menikmati saat bermain gitar, dia larut sendiri dalam permainannya.


Perjuangan..
Perjuangan Enda untuk menjadi sekarang ini tidak mudah. Dulu Enda tinggal di Manado, sejak kecil dia sudah amat tertarik sama dunia musik terutama gitar. Impiannya sejak kecil adalah menjadi gitaris profesional dan dikenal banyak orang. Enda kecil pengen banget suatu saat dia main gitar disebuah panggung dan dilihat oleh banyak orang. Namun keinginannya menjadi gitaris terkenal ditentang oleh kedua orang tuanya terutama sang Ayah. Sang Ayah berharap Enda dapat belajar yang benar supaya menjadi orang yang berguna.

Menurut mereka dari musik tidak akan menghasilkan apapun, hanya buang-buang waktu. Awalnya orang tua Enda mendukung hoby musiknya namun saat tahu keinginan anaknya yang ingin fokus di musik mereka sangat melarangnya. Karena adanya konflik itu Enda memutuskan untuk pergi dari rumah dan pergi ke Jakarta untuk mewujudkan keinginannya menjadi seorang gitaris.

Perjalanan menuju Jakarta pun tak mulus. Saat itu Enda tidak memiliki cukup uang akhirnya dia menjual kamera kesayangannya untuk ongkos ke Jakarta menggunakan kapal laut. Di Jakarta pun Enda harus berjuang mati-matian. Enda sempat jadi pengamen dan naik turun bis setiap harinya untuk membiayai hidupnya. Di jalanan itu Enda bertemu dengan Pasha, mereka sama-sama mengamen dan akhirnya mereka menjadi sahabat.
Pasha terlebih dahulu bergabung dengan UNGU lalu setahun kemudian Enda. Awalnya Enda hanyalah teknisi gitar untuk band UNGU dan saat band UNGU membutuhkan seorang gitaris Enda pun menempatkan posisi tersebut.

Enda pun memiliki masa lalu yang kelam. Sejak dulu dia menjadi seorang pecandu bahkan kebiasannya itu hampir aja merenggut nyawanya sebanyak 3 kali. Namun sepertinya Tuhan sangat menyayangi Enda dan membuatnya tetap hidup sampai sekarang. Setelah sekian lama terjerumus di dunia narkoba akhirnya Enda dapat lepas dari obat-obatan terlarang tersebut. Yang berjasa dalam hal ini adalah Makki, Makki tahu kalau Enda sangat mencintai musik dan gitar. Makki pun bersedia memberikan Enda sebuah gitar asal Enda dapat berhenti memakai  obat-obatan terlarang itu. Akhirnya Enda dapat lepas dari jerat-jerat narkoba dan mengembangkan bakatnya di dunia musik.


Kisah Cinta..
Sekarang ini Enda sudah berkeluarga, istrinya bernama Eka Wilestari dan dia memiliki 2 orang putri yaitu Azzahra Leola Wicuda (Zahra) dan Azahbel Lyrna Winola (Abel). Pertemuan Enda dengan istrinya tergolong unik, mereka bertemu di Friendster. Sebenarnya awalnya Enda dijodohin sama managernya tapi karena masih malu Enda hanya mengenal Eka lewat friendster aja. Dan kayaknya emang udah jodoh mereka berdua sengaja gak bertemu saat UNGU tampil dan Eka nonton, akhirnya mereka pun menjadi teman di dunia nyata.

Setelah 3 bulan menjalin hubungan dengan yakin Enda melamar Eka. Akhirnya mereka pun menikah pada bulan Desember 2005. Dari hasil pernikahan mereka saat ini mereka sudah memiliki 2 orang putri cantik Zahra dan Abel. Enda sangat menyayangi keluarga kecilnya. Menurutnya kedua putrinya adalah anugerah terindah yang Allah berikan untuknya.


Another..
Enda suka banget sama film Spiderman. Enda hobby mengoleksi action figure, bahkan Enda punya satu kamar yang khusus untuk menyimpan koleksinya. Setiap UNGU tampil di beberapa Negara Enda tak pernah lupa mencari benda  untuk menambah koleksinya itu bahkan Enda tak segan menitipkan mainan favoritnya kepada temannya yang sedang kebetulan sedang pergi ke suatu Negara/tempat.

Selain action figure Enda juga mengoleksi army toys.Pada sebuah wawancara Enda ditanya siapa tamu yang pengen banget dateng ke pestanya dan Enda menjawab tentara US. Tentara itu harus berseragam lengkap dan senjata komplit, juga mobil juga sniper-snipernya (cr : majalah GAUL).

Selain itu Enda juga hobi mengutak-atik aquarium. Enda suka mempercantik aquarium dengan pernak-pernik khusus untuk aquarium. Enda suka warna biru dan kuning, tapi warna favoritnya untuk tampil adalah hitam. Hampir disetiap perform UNGU Enda menggunakan pakaian serba hitam. Salah satu yang gue suka adalah kebiasaannya saat perform. Enda sering menggembungkan pipinya, itu lucu lho XD


Tulisan ini murni saya tulis sendiri dan bahasanya saya ngarang sendiri. Jadi maaf jika bahasanya agak-agak aneh :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya