Koloid

System kolid pertama kali dipelajari oleh Thomas Graham pada tahun 1861. Koloid berasal dari bahasa Yunani yang berartiseperti lem. Pengertian koloid (system koloid atau dispersi koloid) berdasarkan pada ukuran partikel-partikel yang bercampur. Koloid nampaknya homogeny tetapi masih terlihat adanya dua fase. Hal tersebut dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop ultra. Kedua fase tersebut terdiri atas partikel yang tersebar dalam campuran (fase terdipersi) dan medium pendispersinya (fase kontinyu). Misalnya pada lem kanji. Fase terdispersinya adalah tepung kanji sedangkan medium pendispersinya adalah air. Kolid berada diantara larutan dan suspense berdasarkan ukuran partikel terdispersi.

Koloid dapat dibuat dengan dua cara kondensasi dan dispresi. Cara kondensasi pada umumnya dilakukan reaksi kimia seperti reaksi subtitusi, hidrolisis, redoks, dan penggantian pelarut. Reaksi tersebut menghasilkan prosuk berukuran partikel koloid. Sedangkan cara disperse pada prinsipnya berlawanan dengan cara kondensasi. Partikel yang lebih besar dipecah menjadi partikel berukuran koloid. Pembuatan koloid dengan cara disperse dilakukan secara fisis dengan cara mekanik, homogenisasi, peptisida, dan cara loncatan bunga listrik (busur Bredig).

Koloid dapat dibagi dalam beberapa jenis. Koloid dari gas yang terdispersi dalam zat cair disebut buih. Buih dapat dibuat dengan mengalirkan suatu gas dalam zat cair yang mengandung pembuih. Koloid dari partikel padat atau cair yang terdipersi dalam gas disebut aerosol. Zat yang terdipersi berupa padat disebut aerosol padat dan yang terdipersi zat cair adalah aerosol cair.

Emulsi adalah koloid dengan fase disperse dan medium pendispersinya berupa cair. Jika medium dispersinya berupa zat padat maka system koloid yang terjadi berupa emulsi padat. Pada umumnya emulsi kurang mantap sehingga diperlukan zat pemantap yang disebut emulgator. System koloid dengan fase terdispersi padat dalam medium pendispersi cair disebut sol.sel yang lebih kental dan agak kaku disebut gel.

Sumber : Buku Paket Kimia untuk SMA/MA Kelas XI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya