Seleksi Alam

Alam selalu mengalami perubahan. Perubahan lingkungan dapat disebabkan oleh bencana alam, suhu yang terlalu dingin, bencana kekeringan, dan sebagainya. Organisme yang hidup didalamnya harus dapat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan tersebut agar tetap hidup.
Kelangsungan hidup suatu jenis organisme juga dipengaruhi oleh ketersediaan makanan, adanya organisme pemangsa, parasit, dan wabah penyakit. Contohnya, semua organisme memerlukan makanan. Sumber makanan berasal dari lingkungan yang kemampuannya untuk menyediakan makanan terbatas. Sebaliknya organisme senantiasa berkembang biak sehingga populasinya terus meningkat.
Hal tersebut akan menyebabkan persaingan diantara anggota populasi yang hidup di daerah itu. Seleksi alam sangat menganut anggapan 'Siapa Yang Kuat Dia Yang Menang', akibatnya bagi yang kalah harus meninggalkan habitat itu dan mencari tempat baru lebih parahnya lagi bagi yang kalah adalah mati. Sedangkan bagi yang kuat akan menang dan tetap tinggal di daerah itu.
Apabila populasi itu harus mencari tempat baru mereka harus beradaptasi lagi dengan habitat yang keadaan lingkungannya berbeda dan bila ia tidak dapat beradaptasi dengan baik ia akan mati sedangkan yang mampu beradaptasi maka ia akan bertahan hidup.

Sumber : Buku Paket IPA Biologi Untuk SLTP Kelas 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya