Erosi

Erosi merupakan suatu proses hilangnya lapisan tanah, baik disebabkan oleh tenaga air maupun angin. Air hujanmerupakan penyebab utama terjadinya erosi di daerah iklim tropika basah. Pada peristiwa erosi, tanah atau bagian-bagian tanah dari suatu tempat terkikis dan terangkut yang kemudian diendapkan pada tempat lain.
Besar kecilnya tenaga angin atau air di satu tempat dengan tempat lain berbeda-beda. Oleh karena itu, bentuk erosi di berbagai tempat juga berbeda-beda. Erosi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu erosi geologi dan erosi dipercepat. Erosi geologi terjadi secara alami pada tanah yang masih tertutup vegetasi secara alami dan biasanya berjalan secara lamban. Dalam kondisi ini jumlah tanah yang terangkat sedikit namun jika terjadi bencana alam jumlah tanah yang terangkat akan meningkat. Namun jumlah tanah yang terkikis akan diimbangi oleh pembentukan tanah. Erosi geologi disebut juga erosi normal karena kejadiannya jarang terlihat.
Erosi dipercepat terjadi karena manusia membuka tanah dengan membuang sebagian vegetasi baik sebagian maupun seluruhnya. Proses erosi ini akn berjalan dengan cepat pada daerah yang mempunyai potensi erosi dan tanpa usaha adanya pengendalian. Erosi dipercepat dapat berupa erosi lembar (sheet erotion), erosi alur (rill erotion), erosi parit (gully erotion), erosi tebing sungai (stream bank erotion), dan longsor.


Sumber : Fakta dan Konsep Geografi Untuk SMA/Ma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya