5cm

Novel 5cm ini adalah karangan dari Dony Dhirgantoro. Novel ini menceritakan tentang 5 orang yang sudah bersahabat sejak lama, mereka adalah Genta, Riani, Arial, Zafran, dan Ian. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama, kapan pun ada waktu kosong pasti mereka ngumpul untuk hanya sekedar ngumpul dan ketawa-ketiwi. Mereka mempunyai hobi dan kesamaan yang sama dari musik, lagu, sampai hobby.
Pada suatu hari mereka pun jenuh dengan kebersamaan mereka karena setiap mereka bertemu selalu membicarakan hal-hal itu saja, tidak ada perkembangan. Genta pun mempunyai ide untuk tidak bertemu dulu selama 3 bulan. Mereka pun setuju. Selama 3 bulan itu mereka sama sekali tidak berhubungan, tidak saling telepon atau pun mengirim SMS. Sampai pada waktunya mereka pun akhirnya bertemu dan Genta sudah mempunyai rencana untuk pertemuan mereka setelah sekian lama tidak bertemu. Genta mengajak keempat sahabatnya plus Arinda, adik Arial, untuk berpetualangan mendaki puncak Mahameru untuk dapat mengikuti upacara bendara 17 Agustus.
Dalam perjalanan menuju puncak Mahameru mereka mandapatkan berbagai macam pengalaman yang merubah hidup dan pikiran mereka selama ini. Berkat pengalaman mereka ini mereka sadar bahwa diluar sana masih banyak orang yang menderita, masih banyak orang baik, masih banyak orang yang tak menyerah dan banyak orang yang masih tetap percaya dengan mimpi serta impian mereka. Mereka pun sadar bahwa sebenarnya mereka belum tahu apa-apa, masih banyak pelajaran yang harus mereka pelajari untuk menjalani hidup. Kecintaan mereka kepada negeri mereka, Indonesia, pun semakin besar. Mereka yang selalu berpikir negatif tentang Indonesia yang penuh dengan aksi KKN, kekerasan, dan tingkah buruk lainnya pun sadar bahwa negeri mereka ini sangat indah dan sangat luar biasa. Mereka tak pernah lupa bersyukur atas nikmat yang ALLAH SWT berikan kepada mereka dan negeri tercinta mereka, Indonesia.
Novel ini sangatlah bagus. Banyak pelajaran dan kutipan-kutipan yang dapat membangkitkan semangat kita. Dengan membaca buku ini kita akan tahu bagaimana hidup sebenarnya dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi. Buku ini pun termasuk buku yang Best Seller karena menurut saya pribadi ini adalah novel terbaik yang pernah saya baca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya