11 Jurus Nyaman Belajar

1. Lampu ..
Pastikan cahaya lampu cukup terang untuk menerangi buku dan meja belajar. Kalo lampu kamar agak gelap, gunakan tambahan lampu meja. Atau kalo siang hari bisa buka jendela.

2. Wangi-Wangian ..
Kamar yang baunya apek pasti bikin kita gak betah, apalagi untuk belajar. coba untuk nyalain lilin aroma terapi di kamar kamu. Aroma papermint, jeruk atau lemon bisa memicu semangat belajar lebih tinggi. Hindari wewangian yang bisa bikin rileks seperti wangi lavender, soalnya bisa bikin kita ngantuk. Selain itu udara segar juga penting. Kalo kebetulan kamu lebih senang belajar siang hari biarkan jendela kamar kamu terbuka.

3. Cemilan ..
Cemilan disini maksudnya untuk membuat pikiran santai dan menghindari perut keroncongan saat tengah asyik belajar. beberapa cemilan bisa menambah energy kamu buat belajar. hanya saja jangan makan makanan junkfood seperti coklat, kripik kentang, dan minuman bersoda. Soalnya makan tersebut buat kamu ketagihan dan nantinya malah makan terus. Coba deh pilih makanan seperti buah segar, kacang atau sereal. Dengan asupan gizi yang baik, otak akan jadi pintar dan badan tetap langsing.

4. Minuman ..
Sediakan air putih. Bukan Cuma bagus buat badan, air putih juga sangat baik untuk otak. Dengan kandungan oksigennya air putih bisa mengalirkan zat asan ke tubuh kamu termasuk otak sehingga gak gampang ngantuk. Kalo kamu males bolak balik ngambil air di dapur, ambil aja botol air minum yang cukup besar untuk dibawa ke kamar saat belajar.

5. Music ..
Buat para remaja hidup gak akan lengkap tanpa music. Music apa yang asyik untuk nemenin belajar? itu sih tergantung tentang selera pribadi masing-masing. Memang sih nggak semua orang perlu lagu saat belajar. kalo kamu termasuk yang butuh music, puter deh lagu yang tenang. Koleksi music diskomu boleh istirahat dulu. Setel volume suara yang wajar karena music yang hingar binger udah dipastikan nggak bakal membantu konsentrasi kamu.

6. Meja Belajar ..
Rapi, bersih, dan teratur gak hanya enak dipandang, tapi juga buat betah belajar. kalo semua barang bersrakan di atasnya, kamu bakal kesulitan untuk mencari-cari bahan pelajaran yang akan dipelajari. Kamu mungkin bisa memanfaatkan dinding kamar kamu untuk menempel bahan pelajarn yang harus dihafal. Pokoknya pastikan kamu dapat ruang yang cukup untuk belajar.

7. Pakaian ..
Ini dia yang sering luput dari perhatian kita. Pakaian termasuk hal penting untuk diperhatikan sewaktu belajar. pakaian yang nyaman dan menyerap keringat menjadi syarat mutlak nyaman untuk belajar. di iklim cuaca yang nggak menentu, kamu perlu juga menyesuaikan pakaian yang dirasa paling nyaman saat belajar.

8. Program Belajar ..
Usahakan untuk punya daftar program belajar yang jelas. Kamu harus ngatur sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri. Misalnya, kamu nggak terlalu ngerti ma pelajaran Fisika dan kamu doyn banget sama pelajaran Bahasa Inggris . Itu artinya kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk belajar Fisika daripada Bahasa Inggris. Kalo program belajar udah dibuat, usahan untuk mematuhinya.

9. Waktu ..
Waktu belahar termasuk hal yang harus diperhatikan karena berhubungan dengan program belajar yang kamu atur. Makanya, biar tetap on-time, letakkan jam meja di depan meja belajar kamu. Jadi kamu bisa tahu waktu yang telah kamu habiskan untuk mempelajari sebuah mata pelajaran.

10. Kursi Belajar ..
Supaya acara belajar nyaman, kursi belajar juga harus dibuat senyaman mungkin. Soalnya kalo posisi badan kamu di kursi salah, bisa-bisa badan kamu pegel-pegel semua setelah selesai belajar. karena kamu bakal berjam-jam duduk di kursi belajar. jangan salah pilih kursi terlalu nyaman, karena jadwal belajar kamu bakalan berakhir dengan dengkuran keras. Zzzz!!

11. Catatan ..
Siapkan kertas buram, pulpen, stabillo, dan alat tulis lainnya yang dibutuhkan. Kertas buram akan berguna untuk menulis poin-poin penting dari bahan peljaran. Walaupun kamu udah punya buku catatan sendiri, tapi inti bahan pelajaran akan lebih mudah diingat dengan membuat beberapa catatan kecil.

Sumber : Tabloid GAUL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya