Psikologi Lintas Budaya

Psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik. Mengenai hubungan-hubungan di antara ubahan psikologis dan sosio-budaya, ekologis, dan ubahan biologis; serta mengenai perubahan-perubahan yang berlangsung dalam ubahan-ubahan tersebut.

Menurut Segall, Dasen dan Poortinga, psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya. Definisi ini mengarahkan perhatian pada dua hal pokok yaitu keragaman perilaku manusia di dunia dan kaitan antara perilaku terjadi. Definisi ini relatif sederhana dan memunculkan banyak persoalan. Sejumlah definisi lain mengungkapkan beberapa segi baru dan menekankan beberapa kompleksitas, riset lintas-budaya dalam psikologi adalah perbandingan sistematik dan eksplisit antara variabel psikologis di bawah kondisi-kondisi perbedaan budaya dengan maksud mengkhususkan antesede-anteseden dan proses-proses yang memerantarai kemunculan perbedaan perilaku.


Hubungan antara Psikologi Lintas Budaya dengan Ilmu Lainnya

Psikologi lintas budaya mempelajari tentang perilaku manusia sesuai dengan budaya dimana tempatnya tinggal. Mempelajari perilaku seseorang tidak hanya dilihat dari sikap yang ditunjukkannya saja tapi juga dilihat dari masa lalunya, gaya hidupnya, dan lingkungan disekitarnya. Tidak hanya mempelajari bidang psikologi mempelajari bidang yang lainnya pun dapat menggunakan ilmu dari psikologi lintas budaya. Ilmu yang berkaitan dengan manusia/individu contohnya ilmu ekonomi, ilmu sosiologi, ilmu sejarah, dan ilmu lainnya dapat berhubungan erat dengan ilmu psikologi budaya.


Perbedaan Psikologi Lintas Budaya dan Psikologi Indigenous

Indigenous Psychology (psikologi indigenous) merupakan suatu terobosan baru dalam dunia psikologi yang mana merupakan suatu untuk memahami manusia berdasarkan konteks kultural/budaya (Understanding People in Context). Indigenous psychology dapat juga didefinisikan sebagai pandangan psikologi yang asli pribumi dan memiliki pemahaman mendasar pada fakta-fakta atau keterangan yang dihubungkan dengan konteks kebudayaan setempat. Definisi ini, menurut Prof. Kusdwiratri Setiono, ada empat hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pengetahuan psikologi tidak dipaksakan dari luar, melainkan dimunculkan dari tradisi budaya setempat.
  2. Psikologi yang sesungguhnya bukan berupa tingkah laku artifisial (buatan) yang diciptakan (hasil studi eksperimental), melainkan berupa tingkah laku keseharian.
  3. Tingkah laku dipahami dan diinterpretasi tidak dalam kerangka teori yang diimport, melainkan dalam kerangka pemahaman budaya setempat.
  4. Psikologi indegenus mencakup pengetahuan psikologi yang relevan dan didesain untuk orang-orang setempat.
Dengan kata lain, psikologi indigenous mencerminkan realitas sosial dari masyarakat setempat. Psikologi indigenous menurut Prof. Kusdwiratri Setiono, juga merupakan psikologi yang cocok untuk setiap budaya yang ada di negara manapun.

Indigenous psychology dianggap penting sejak munculnya teori-teori psikologi yang ingin bisa diberlakukan secara universal, tidak hanya di Eropa dan Amerika Utara saja. Tujuan ataupun goal dari indigenous psychology ini adalah untuk membuat science lebih teliti, sistematis dan universal yang secara teori maupun empirik bisa dibuktikan dimana pun berada.

Perbedaannya : Psikologi Lintas Budaya kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya. Sedangkan Psikologi Indigenous adalah bidang psikologi yang memahami manusia berdasarkan konteks/kultur budaya.


Perbedaan Psikologi Lintas Budaya dan Psikologi Budaya

Psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik. Mengenai hubungan-hubungan di antara ubahan psikologis dan sosio-budaya, ekologis, dan ubahan biologis; serta mengenai perubahan-perubahan yang berlangsung dalam ubahan-ubahan tersebut. Sedangkan psikologi budaya adalah bidang yang mempelajari perilaku yang didasari atau berkaitan dengan budaya di yang berlaku disekitarnya.

Perbedaannya : Psikologi lintas budaya juga mempelajari persamaan serta perbedaan di setiap individu du berbagai budaya, sedangkan psikologi budaya hanya melihat perilaku seseorang sesuai dengan budayanya


Perbedaan Psikologi Lintas Budaya dan Antropologi

Psikologi lintas budaya adalah kajian mengenai persamaan dan perbedaan dalam fungsi individu secara psikologis, dalam berbagai budaya dan kelompok etnik. Mengenai hubungan-hubungan di antara ubahan psikologis dan sosio-budaya, ekologis, dan ubahan biologis; serta mengenai perubahan-perubahan yang berlangsung dalam ubahan-ubahan tersebut.

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya. Secara garis besar antropologi memiliki cabang-cabang ilmu yang terdiri dari antropologi Fisik dan antropologi sosial dan budaya

Perbedaannya :  Psikologi Lintas Budaya kajian mengenai perilaku manusia dan penyebarannya, sekaligus memperhitungkan cara perilaku itu dibentuk dan dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan sosial dan budaya. Sedangkan antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia, yang terdiri dari aspek fisik dan nonfisik.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_lintas_budaya
http://psikologip.blogspot.com/2012/03/psikologi-menurut-budaya-agama-dan.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Antropologi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN