Materi Lab Internet Dasar

Mencari Informasi di Internet
Sistem pelayanan informasi pada jaringan internet sebagian besar bekerja dengan konsep client-server. Mekanisme client-server ini adalah suatu program client mengirimkan permintaan (request) kepada server untuk melakukan suatu tugas, misalnya pencarian informasi. Server akan melakukan tugas yang diperintahkan oleh client dan setelah selesai, hasil informasinya akan dikirimkan kepada client. Ada banyak layanan aplikasi internet untuk pencarian informasi, seperti halnya gopher, archie, WAIS dan sebagainya. Ada salah satu layanan yang cukup baru dikembangkan dan saat ini menjadi cukup populer digunakan oleh pemakai jaringan internet, yaitu WWW atau World Wide Web, atau biasa disingkat dengn web.

World Wide Web (WWW)
Salah satu layanan aplikasi di internet ini adalah World Wide Web (WWW), pelayanan yang cukup baru dikembangkan di internet dan menjadi layanan aplikasi yang paling populer digunakan pemakai jaringan internet dan perkembangannya terus dilakukan sampai saat ini untuk menyempurnakan teknologi ini.
Dengan adanya fasilitas ini menjadikan Web sebagai salah satu aplikasi yang paling luwes untuk menjelajahi internet. Dengan menggunakan WWW, pengaksesan beragam sumber informasi di internet misalnya gopher, WAIS, ftp, mail dan sebagainya, dapat dilakukan melalui suatu cara yang general, pengaksesan informasi dan menyajikannya dalam berbagai bentuk informasi seperti text, grafik, suara, animasi, video dan sebagainya.

Universal Resource Locator (URL)
Pada penggunaan WWW, penunjukan suatu sumber informasi menggunakan metoda Universal Resource Locator (URL), yang merupakan konsep penamaan lokasi standar dari suatu file, direktori, komputernya dan metode yang digunakan. URL tidak hanya dapat menunjuk ke suatu file tapi dapat juga menunjuk suatu query, dokumen dalam suatu database, atau hasil dari perintah finger atau perintah archie atau yang lainnya.

Secara umum dapat digambarkan penulisan URL :
metode://nama_file[:nomor_port].

Jenis metoda yang lazim digunakan :
• File
• http (HyperText Transfer Protocol)
• news

Web Browser
Untuk dapat mengakses layanan WWW, diperlukan program aplikasi client WWW, yang biasa dikenal sebagai Web Browser. Web browser adalah program komputer. Ada banyak Web Browser yang ada seperti:
• NCSA Mosaic
• Netscape Navigator / Communicator
• Internet Explorer
• Mozilla Firefox

Search Engine
Search engine (mesin pencari) adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan di dalam komputer.
Beberapa search engine yang terkenal antara lain:
• Yahoo, menyediakan tatanan informasi yang telah terkategori (www.yahoo.com)
• Google, menyediakan suatu metode search engine dengan multi language serta pengelompokkan dalam pencarian informasinya (www.google.co.id)
• Altavista, merupakan search engine yang peling cepat (www.altavista.com)
• Copernic 99, menggunakan beberapa search engine sekaligus, menyaring hasil rangkap dan menandai kata-kata yang dicari (www.coopernic.com)

Sintaks-sintaks pada Google :
• Intitle, ex. intitle "pemandangan"
• Site, ex. wordpress.com
• Link, ex. www.google.com
• Cache, ex. www.yahoo.com
• Daterange, ex. http://www.faganfinder.com/google,shtml
• Filetype, memasukan juga tipe file yang akan dicari, ex. pdf

Portal
Portal adalah layanan web yang menyediakan info-info yang update. Mungkin dengan adanya portal ini maka bagi para pengguna internet dapat memanfaatkannya sebagai alternatif dari media cetak (koran) yang selama ini sering digunakan. Beberapa portal yang terkenal antara lain:
• Iklan baris, merupakan portal yang didalamnya menyediakan berbagai macam penawaran barang dan jasa, seperti komputer, handphone, automotive dan masih banyak lagi baik yang masih baru maupun yang bekas, penjualan software-software tertentu (www.iklanbaris.co.id)
• Onklik, merupakan portal informasi didalamnya sangat aktual bahkan sampai mengenai alamat-alamat wartel di jabodetabek (www.onklik.com)
• Astaga, juga merupakan portal yang berfungsi sebagai search engine (www.astaga.com)

Cara Efektif Menggunakan Search Engine
1. Gunakan search engine yang tepat
Sebagian search engine saat ini, lebih banyak menampilkan iklan daripada hasil pencarian yang sesungguhnya. Disamping itu banyak pula pengelola situs search engine yang kolaps, dan tidak lagi mengupdate databasenya.
2. Jangan gunakan keyword yang terlalu umum
Bayangkan, berapa banyak hasil pencarian yang akan diperoleh apabila hanya memasukkan kata kunci (telescope) dalam mesin pencari. Akan berbeda hasilnya apabila hanya menggunakn kata kunci berupa teleskop dari jenis ataupun merk tertentu.
3. Masukkan keyword secara singkat namun jelas
Menuliskan kata kunci seperti Short biography of astronomer Edwin Hubble, akan mengeluarkan setumuk halaman yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang dicari dibandingkan dengan keyword yang lebih sederhana, misalnya Hubble biography. Dismaping itu, perhatikan ejaan dari kata kunci yang dimasukkan. Kesalahan ejaan pada kata kunci dapat menyebabkan hasil yang akan diperoleh jauh dari harapan.
4. Gunakan operator Boolean
Kata kunci ”AND”, ”OR”, ”NOT”, dengan kombinasinya akan sangat membantu situs-situs yang lebih spesifik.
5. Gunakan tanda kutip untuk satu frase utuh
Beberapa search engine mensyaratkan penggunaan tanda kutip untuk menunjukkan satu frase kalimat.
6. Manfaatkan Direktori
Beberapa search engine menyediakan fasilitas direktori yang menuju ke topik-topik tertentu yang sudah diklasifikasikan sedemikian rupa untuk memudahkan proses pencarian.
7. Manfaatkan fitur khusus dari search engine anda
Beberapa search engine tidak hanya menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman radio.
8. Gunakan fungsi ”Find” pada browser
Ketika search engine menampilkan halaman tertentu, belum tentu akan langsung ditemukan apa yang sebenarnya dicari. Anggaplah upaya pencarian biografi Edwin Hubble, gunakan fungsi ”find” [Ctrl+F) pada bowser anda dan ketikkan /Hubble/. Nah, kini and bisa membaca artikel tentang Edwin Hubble yang anda cari-cari itu.

Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog yang diciptakan pada tahun 1997 oleh John Barger. Blog sendiri adalah website pribadi yang selalu di update secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik dan disertai komentar-komentar. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere.

Sejarah Blog
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Keuntungan BLOG
• Mudah Dibuat
• Cocok untuk semua user
• Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi
• Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan
• Melatih berpikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis.
• Sarana edukasi dan pemberdayaan
• Saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis.
• Membentuk komunitas blogger
• Berdiskusi mengenai blog & permasalahannya
• Media komunikasi baru di internet yang populer.
• Gratis


1PA04C

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN MUSIK DARI ZAMAN KE ZAMAN

Psikologi Lintas Budaya